riwayat kehamilan bayi prematur

4 Kondisi Fisik Ibu yang Merupakan Penyebab Bayi Lahir Prematur

Kondisi janin di dalam perut sangat bergantung pada kondisi sang ibu yang mengandungnya. Jika Anda berada dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang membahayakan, maka seharusnya janin di dalam perut Anda tak akan mengalami banyak masalah. Apalagi kalau Anda mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi dan minum minuman khusus ibu hamil seperti Lactamil. Tapi kalau kondisi Anda tidak sehat, waspadalah karena ini bisa jadi penyebab bayi lahir prematur.

Memang, ada banyak hal yang menjadi penyebab dari bayi lahir prematur. Namun kondisi fisik ibu jelas menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Mengingat bayi yang lahir secara prematur akan mengalami banyak masalah kesehatan, dari resiko buta, gangguan pendengaran, sampai cerebral palsy, maka Anda sebagai ibu hamil harus benar-benar tahu kondisi tubuh Anda sebelum memutuskan untuk punya anak.

Apa saja kondisi dari ibu yang bisa meningkatkan resiko bayi lahir secara prematur? Ini beberapa di antaranya:

Usia
Usia ternyata sangat mempengaruhi kehamilan. Ibu yang terlalu muda (di bawah 17 tahun) belum memiliki rahim yang berkembang sempurna, sehingga sangat beresiko melahirkan prematur. Demikian juga dengan ibu yang mengandung di usia di atas 35 tahun. Kondisi fisiknya sudah mulai menurun.

Berat badan di bawah normal
Apakah Anda termasuk orang yang kurus, bahkan sampai tak normal? Maka hati-hatilah saat Anda hamil. Bayi yang memiliki ibu dengan berat badan kurang bisa lahir prematur.
Pernah keguguran atau melahirkan prematur
Apakah Anda sebelumnya pernah keguguran atau melahirkan secara prematur? Waspadalah karena ini bisa terjadi lagi. Kontrol lah yang ketat ke dokter.

Kena infeksi
Apakah Anda kena infeksi rahim seperti sifilis, gonorrhea, chlamydia, maupun yang sejenisnya? Hati-hati dengan ini karena bayi kemungkinan bisa prematur.

Anda yang memiliki penyakit turunan, mengandung bayi kembar, maupun bekerja terlalu keras juga bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Jadi sebagai ibu, Anda harus memastikan Anda mengkonsumsi susu yang kaya nutrisi seperti Lactamil, kontrol dengan rutin ke dokter, mengetahui sejarah kesehatan Anda dengan pasti, dan tidak merokok atau minum alkohol sebelumnya.

sumber @http://lactamil.co.id/artikel/mengenali-penyebab-dan-gejala-kelahiran-prematur

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *